Wednesday, November 2, 2011

Daftar (belum) Talangan Haji Bank Syariah Mandiri




Dengan pertimbangan ke-hati-hatian, agar dana pendaftaran haji orang tua tidak terselewengkan, akhirnya  saya sempatkan untuk pulang ke Prambanan untuk matur ke orang tua tentang rencana kami mendaftarkan bapak ibu Haji (Bapak dan Ibu memang belum kami beritahu tentang rencana tersebut). 

Saat makan malam, saya coba matur ke bapak dan ibu yang saat itu sedang berkumpul di meja makan. Saya coba cari kata-kata sehalus mungkin supaya beliau berdua tidak tersinggung seandainya kurang berkenan dengan usulan saya. “Pak, Bu, Kulo kalian Mas Udin gadhah cita-cita (saya dan Mas Udin Punya keinginan/cita-cita), pengen mendaftarkan haji bapak dan ibu secara urunan. Meski saat ini dana belum bisa dibayarkan penuh, tapi rencananya kami akan mengikutkan di program Talangan Haji Bank Syariah Mandiri (BSM) supaya bisa langsung dapat porsi haji meski belum membayar penuh. Saya sudah beberapa kali minta informasi ke BSM Boyolali maupun klaten tentang mekanisme pendaftaran haji dengan program Talangan. Saya dan mas Udin sepakat, untuk dana pendaftaran awal, saya yang akan menanggung, sedangkan untuk pelunasannya mas Udin yang akan menanggungnya’.

Mendengar penjelasan saya, saya lihat mata bapak berkaca-kaca, setelah diam agak lama, beliau bilang “ Alhamdulillah kalo kamu berdua memikirkan untuk mendaftarkan bapak ibu untuk haji, kebetulan bapak juga sudah menyimpan sedikit untuk rencana haji yang entah kapan akan terlaksana, jadi besok bisa digabung dengan tabunga talangan Hajinya saja”

Selanjutnya saya sampaikan juga bahwa kemungkinan mbak Umi juga ingin mendaftarkan ibunya untuk berhaji bersama bapak ibu, jadi untuk pendaftarannya mungkin menunggu berkas-berkas dari mbak Umi sampai dan diselesaikan urusannya di Klaten.
Alhamdulillah, akhirnya bapak dan ibu memang bisa menerima penjelasan dan rencana kami mendaftarkan haji bapak-ibu. Maka paginya saya pulang ke Boyolali dengan hati tenang.

Awal Oktober saya ambil dana tabungan dari bank Jateng sebesar 20 juta, saya rencanakan untuk pendaftaran awal talangan haji bagi kedua orang tua saya sementara untuk  ibu mertua Mas Udin menunggu proses perpindahannya selesai. Dengan berbekal uang 20 juta dan foto copy KTP bapak ibu, saya antar beliau berdua ke Bank Syariah Mandiri cabang Klaten. Melewati ring road utara (ternyata kantornya sudah pindah lebih ke timur) kemudian masuk kembali ke Jalan Pemuda Tengah dari arah timur, kantor Bank ada di Sebelah Kiri jalan.

Masuk kekantor, kami langsung ke Customer Servise mengutarakan keinginan kami untuk mendaftar talangan Haji. CS memberi keterangan bahwa untuk mendapatkan porsi haji kami harusmendaftar talangan dengan dana awal minimal 5.000.000,-. Setelah kami jelaskan bahwa kami ingin mendaftar awal tapi untuk ke talangan kami menunggu kedatangan saudara dari Kalimantan supaya bisa terdaftar bersama-sama.
Maka CS menyarankan kami mendaftarkan talangan tapi tidak sampai aqad talangan. Jadi uang masuk rekening sebagai tabungan awal namun belum sampai ke perjanjian talangan haji, artinya kami belum menentukan apakah memilih talangan yang satu, dua atau tiga tahun pelunasan.

Setelah mengisi formulir pendaftaran, kamipun menunggu untuk menyetorkan tabungan awal masing 10 juta rupiah dalam rekening haji bapak dan ibu. Sementara menunggu, saya lihat ternyata yang mengurus pendaftaran haji bukan hanya kami, ada sekitar 3 orang lain yang juga mengurus haji, bahkan terlihat sudah memegang SPPH dari Kementerian Agama Kab. Klaten (mereka selangkah lebih dahulu dari kami). Bahkan ternya ada satu diantaranya yang bapak kenal, jadilah beliau ngobrol dengan temannya tersebut, bagi-bagi pengalaman tentang tahapan pendaftaran hajinya.

Selesai setor, sayapun pulang ke Boyolali sementara bapak ibu pulang  dengan membawa buku rekening mabrur yang telah tercetak 11 juta rupiah di masing-masing buku (ternyata bapak membawa tambahan 2 juta untuk digabung dalam tabungan).

1 comments:

untuk rincian bulan juli ini sekaang berapa, bagaimana cara mengangsurnya, mhn penjelasan

Post a Comment

Tags

Blog Archive

Total Pageviews